plctutor

sharing automation experiences

STARTER START-DELTA April 1, 2012

Filed under: Motor AC — plctutor @ 8:09 am

metode starter ini paling favorit di gunakan untuk pengasutan motor 3 phasa, dikarenakan dapat mengurangi arus start motor yang dapat meningkat hingga 5-6 x In yang berlangsung hingga 5 detik,coba kita bayangkan apabila motor memunyai arus nominal hingga 10A akan di jalankan hubungan delta maka arus yang terjadi ketika start awal 6 X 10A = 60A, arus yang meningkat ini dapat merusak jala2 listrik,bahkam dapat mengakibatkan trip karena beban yang berlebih.



berikut adalah contoh name plate motor 3 phasa siemens. dari data diatas dapat kita ketahui bahwa motor mempunyai daya 22KW pada frekuensi 50HZ mempunyai tegangan 400V (delta) dan 690V (star), arus kerika delta 40.5A dan arus ketika star 24A, cosQ 0.84 dan kecepatan motor 1470/min.

Bagi pemula yang menjadi pertanyaan mengapa tegangan,dan arus pada star dan delta berbeda,ini di karenakan koneksi wiring motor berbeda sehingga mempunyai perbedaan arus dan tegangan akan tetapi daya yang di hasilkan tetap sesuai rumus

P = V x I x cosq   

Berikut adalah contoh untuk control starter start delta automatic dengan  menggunakan timer

image

image

 

Deskripsi kerja rangkaian:

1. PB STOP dengan kontak NC dan PB START dengan kontak NO, apabila PB START di tekan maka kontaktor K1 energize dan kontaktor K3 juga energize sehingga motor terhubung STAR.

2. Ketika PB START di tekan timer juga energize,timer biasanya di setting sekitar 5 detik sesuai dengan bahasan kita di atas. Apabila waktu T1 sudah 5 detik makan kontaktor K3 off dan K2 energize sehingga motor terhubung DELTA.

3. Untuk mematikan motor cukup tekan PB STOP maka interlock akan terputus.

 

Catatan: ketika hendak wiring motor perlu di ketahui rating tegangan motor dan rating tegangan suply (PLN),untuk menghubung motor ke DOL rangkaian motor harus sesuai dengan tegangan supply, perlu di ingat tegangan tertinggi di motor adalah tegangan Y (star) dan yang terendah adalah tegangan D (delta). Contoh:tegangan supply 360V 3 phasa akan di connect pada motor 3 phasa 220/360V maka rangkain motor adalah Y (star) karena Y (star) rating tegangan sama dengan tegangan supply

 

untuk mempelajari silakan download disini

 

6 Responses to “STARTER START-DELTA”

  1. Richard Says:

    pak, mau nanya nih,.. saya bener2 gak ngerti tentang listrik..|
    dasar nya nih pak, rangkaian star tu apa n rangkaian delta tu apa n bedanya apa?
    klo pengapliksian ke Trafo gmn pak…
    terima kasih pak….

  2. soday Says:

    rangkain star adlah rangkaian motor atau trafo yg koneksinya berbentuk bintang, sedangkan delta berbentuk segitiga, rangkaian ini untuk mendapatkan tegangan yg di inginkan, apabila ingin tegangan tinggi di hubungkan ke star tetapi arus yang di keluarkan lebih kecil dari delta, ini di karenakan rumus daya P=V.I.cosQ jadi klo tegangan kita naikan arus juga mengecil sedangkan daya tetap.
    klo aplikasi di trafo apabila trafo di name plate tertulis YD maka gulungan primer koneksi star dengan tegangan tinggi lalu gulungan sekunder delta dengan tegangan rendah tetapi arus besar,trafo hubungan YD untuk penerima tranmisi tegangan tinggi untuk di gunakan konsumen sedangkan DY untuk mengirim tranmisi tegangan tinggi.

  3. ontaaja Says:

    mohon maaf, mas mau bertanya sedikit. utk koneksi ke pompa
    a. U V W menjadi W U V.
    b. U V W menjadi U W V
    c. U V W menjadi W V U
    mankah yg benar menurut mas?
    sy lihat di singel line dengan rumus “b” namun di gambar dgn rumus “c”, tapi tidak sedikit jg yg pakai rumus “a”, tolong bantu penjeasannya ya mas
    terimakasih
    jamaludin122412@gmail.com

  4. Fardian Says:

    Maaf mas apa gak kliru itu koneksinya..
    Pada terminal blok motornya..Seharusnya
    3 atas U1 V1 W1 bertemu R S T K1
    3 bawah W2 U2 V2 bertemu R S T K2
    Jd W2 U2 V2 tidak usah dibalik tegangannya jd T R S

    • plctutor Says:

      terima kasih koreksinya, memang di gambar itu ga di sebutkan klo terminal yang di bawah adalah U2, V2, W2, bagus koreksinya karena rata2 motor di terminalnya menunjukan W2, U2, V2 tapi di gambar ini yang dimaksud U2, V2, W2 nanti sy perjelas lagi keterangan dari gambarnya


Tinggalkan komentar